KEANEKARAGAMAN HAYATI

Hasil gambar untuk KEANEKARAGAMAN 
A.  Pengertian Keanekaragaman Hayati 
Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas) merupakan keanekaragaman organisme yang menunjukkan keseluruhan atau totalitas variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah.

B.  Tingkat Keanekaragaman Hayati
1.    Keanekaragaman Gen
                             Gen adalah substansi kimia sebagai faktor penentu sifat keturunan. Gen terdapat di dalam lokus kromosom.
                             Keanekaragaman Tingkat Gen merupakan variasi yang terdapat dalam satu spesies baik dalam satu populasi ataupun di antara banyak populasi atau variasi gen yang terjadi dalam suatu jenis atau spesies makhluk hidup. Contohnya: Bunga Mawar Merah (Rosa Hiproida atau Rosa sp.), Bunga Mawar putih (Rosa sericea Lindl.)dan Bunga Mawar Kuning. Contoh lainnya: Pada Manusia adalah variasi bentuk hidung, warna kulit, golongan darah dan bentuk rambut pada manusia. Pada Hewan Misalnya: Variasi Bentuk Pial Ayam yaitu Gerigi, biji, bilah dan sumpel. Variasi jenis anjing: anjing bulldog, doberman, Collie, herder, anjing kampung, dan sebagainya.
2. Keanekaragaman Jenis
    Keanekaragaman jenis adalah perbedaan yang ditemukan pada makhluk hidup antar jenis yang mudah diamati karena perbedaannya mencolok. Perbedaan tersebut meliputi perbedaan morfologi,anatomi,fisiologi,tingkah laku dan sebagainya,
   Misalnya: Keanekaragaman antara kelapa,aren, pinang yang termasuk dalam famili Palmae.
3. Keanekaragaman Ekosistem
  Keanekaragaman ekosistem menunjukkan adanya berbagai spesies yang memiliki kemampuan adaptasi yang berbeda-beda terhadap lingkungannya ,sehingga membentuk ekosistem yang berbeda.Di dalam ekosistem ,interaksi antar organisme ditentukan oleh:
a. komponen biotik    : berbagai jenis makhluk hidup
b. komponen abiotik :
- factor fisik(iklim,cahaya,suhu,air,tanah,kelembaban)
- factor kimia ( salinitas,tingkat keasaman/pH,kandungan mineral)
Beberapa contoh keaekaragaman ekosistem antara lain  :
a. Ekosistem Pantai:  didominasi oleh formasi pes-caprae dan formasi baringtonia.
b. Ekosistem Padang Rumput: didominasi oleh tumbuhan rumput
c. Ekosistem Gurun     : didominasi oleh tumbuhan kaktus
d. Ekosistem Hutan Hujan Tropis: ditumbuhi oleh berbagai macam pohon, terutama tumbuhan epifit ,dan liana (misalnya rotan)

C. Keanekaragaman Hayati di Indonesia 

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak kekayaan alam,oleh sebab itu dijuluki Mega Divercity Country. Hal ini disebabkan negara kita terletak di daerah tropic .Keanekaragaman yang tinggi di Indonesia bisa dijumpai dalam hutan hujan tropis yang di dalamnya banyak ditemukan berbagai jenis hewan dan tumbuhan.Ada juga tumbuhan yang bersifat endemic,yaitu hanya terdapat di Indonesia dan tidak dijumpai di negara lain.

1. Persebaran Fauna di Indonesia
Indonesia terletak di antara biogeografi Asia(oriental) dan daerah biogeografi Australia(Australian),sehingga fauna di Indonesia mencerminkan posisinya di antara kedua benua tersebut.Pada awalnya Indonesia terbagi menjadi dua zoogeografi yang dibatasi oleh garis Wallace.Garis ini membagi persebaran fauna di Indonesia menjadi bagian barat dan timur.Bagian barat dinamakan wilayah oriental(meliputi Sumatra,Jawa,Bali,Kalimantan).Sedangkan bagian Timur dinamakan wilayah Australian(meliputi Papua,Maluku,Sulawesi,Nusa Tenggara).Seorang ahli zoology bernama Weber melakukan penelitian di Indonesia.Menurutnya hewan-hewan di Sulawesi tidak sepenuhnya dapat digolongkan kelompok Australian karena masih memiliki sifat seperti hewan di daerah oriental.Oleh karena itu Weber membuat garis pembatas yang terdapat di sebelah timur Sulawesi memanjang ke utara Kepulauan Aru. Daerah yang ter;etak diantara garis Wallace dan Weber disebut daerah Peralihan.a.      Persebaran Fauna di daerah Oriental1)Sumatera            : gajah(Elephas maximus),orang utan(Pongo pygmaeus),tapir(Tapirus indicus),harimau (Panthera tigris).2). Jawa                 : badak bercula satu di Ujung kulon, banteng3) Bali                   : jalak putih dan macam-macam kera4) Kalimantan       : biawak(Varanus salvator), bekantan(Nasalis larvatus).b.    Persebaran Fauna di daerah AustralianHewan-hewan khas di Maluku dan Papua antara lain: burung cendrawasih(Paradisaea minor), burung kasuari (Casuarius galeatus),burung kakatua raja (Probosciger atterimus)c.    Persebaran Fauna di Daerah Peralihan1) Sulawesi               : anoa(Pendrogalus inustus),babi rusa(Babyrousa babyrousa)2) Nusa Tenggara  : komodo(Varanus komodoensis)

2. Persebaran Flora di Indonesia
Bioma diartikan sebagai macam komunitas utama yang terdapat di sebuah benua. Di bumi terdapat berbagai macam bioma, antara lain:
hutan gugur,sabana gurun,padang rumput,gurun, hutan hujan tropis. Bioma hutan hujan tropis yang memiliki keanekaragaman tinggi adalah daerah Malesiana yang meliputi Indonesia,Malaysia,Filipina,Papua Nugini, dan Kepulauan Salomon.Flora Malesiana didominasi oleh pohon-pohon yang aktif melakukan fotosintesis.Hal ini disebabkan daerahnya terletak di ekuator yang merupakan kawasan hutan hujan tropis dengan penetrasi sinar matahari sepanjang hari dan curah hujan yang tinggi.
Daerah flora terkaya di Indonesia adalah hutan hujan tropis di Kalimantan.Persebaran flora endemic di Indonesia antara lain sebagai berikut:
a. Bengkulu     : Rafflesia arnoldi
b. Kalimantan     : Meranti(Shorea sp.), rotan (calamus caesius), anggrek hitam(Coelogyne pandurata)
c. Papua     : Matoa (Pometia pinnata), bunga Irian (Mucuna bennettii)
d. Jawa     : Pohon Jati (Tecnosa grandis), mahoni (Swietenia mahogoni)

D. Manfaat Keanekaragaman Hayati
1. Manfaat produktif  : artinya nilai produk keanekaragaman hayati yang diolah secara besar-besaran dan bersifat komersial.Contoh: pabrik susu memerlukan sapi perah untuk sumber bahan baku.
2. Manfaat konsumtif : artinya nilai produk keanekaragaman hayati yang langsung dikonsumsi. Contoh: bahan pangan,bahan bangunan, bahan obat-obatan.
3. Manfaat non-konsumtif      : artinya nilai produk keanekaragaman selain produktif dan konsumsif,antara lain sebagai plasma nutfah.memberikan keindahan alam,manfaat ilmiah dan manfaat mental dan spiritual.

0 komentar:

Posting Komentar